Cara Bermain Mimpi ( Lucid Dream )

lucidLucid Dream atau bermain main dalam mimpi atau mengontrol mimpi sesuka hati kita, ada beberapa cara untuk melakukan induksi luci dream

Pada umumnya teknik induksi ini dibagi secara 2 garis besar :

Wake Induce, adalah teknik masuk lucid dream dengan induksi kesadaran. (wake).

Dream Induce, adalah teknik masuk lucid dream dengan induksi mimpi. (dream).

————————————–

  • WAKE INDUCE

A. WILD (Wake Induced Lucid Dreams), adalah teknik yang dilakukan dengan ‘kesadaran’ orang terebut untuk masuk ke fase lucid. Atau dengan kata lain kita tidak tidur dalam arti sebenarnya dan tetap terjaga hingga melewati fase REM(Rapid Eye Movement) dan Sleep Paralyze yang dimana akan langsung terhubung ke dunia lucid.
* Langkah-langkah :
1. Relaks, dan tanamkan secara tegas sebelum tidur bahwa ‘saya akan melakukan lucid dreaming’.
2. Pejamkan mata, visualisasikan hal yang tidak membutuhkan imajinasi atau emosi tinggi (seperti gradasi warna, landscape, dll). Tetap usahakan diri anda agar tetap terjaga dan tidak terbawa untuk masuk ke deep sleep.
3. Nikmati segala fase yang dirasakan, entah itu getaran/tarikan/dll. Jangan pernah berontak ketika fase ini terjadi.
4. Anda akan segera masuk ke fase sleep paralyze, hal terpenting adalah jangan memunculkan rasa takut anda sedikit pun disini. Ini fase dimana anda seolah terbangun, tetapi tidak dapat menggerakan anggota tubuh anda.
5. Tunggu beberapa saat. Tidak lama kemudian anda akan merasa terjatuh ke dalam lubang dan visualisasi anda akan blur/gelap.
6. Sekarang silahkan coba gerakkan anggota tubuh anda, berhasil bukan?

B. FILD (Finger Induced Lucid Dream), adalah teknik yang ditemukan oleh member DreamViews bernama hargarts. Teknik ini dilakukan dengan bantuan gerakan-gerakan jari yang akan membantu kita untuk masuk ke fase lucid.
* Langkah-langkah :
1. Set alarm sekitar 2-3 jam setelah anda tertidur, lalu bangun.
2. Cobalah relaks, pejamkan mata.
3. Sekarang gerakkan jari jemari anda (jari telunjuk & tengah) keatas dan kebawah seolah anda sedang bermain piano. Lakukan dengan perlahan tanpa mengeluarkan energi berlebih.
4. Setelah sekitar 20-30 detik, lakukan reality check dengan cara nose plugging (menutup lubang hidung), jika anda bisa bernafas, berarti anda telah masuk ke dalam dunia lucid. Tapi jika anda gagal, cobalah tidur selama beberapa menit terlebih dahulu, lalu ulangi cara ini dari awal.

C. CILD (Chakra Induced Lucid Dream), adalah teknik yang menggunakan bantuan Third Eye Chakra untuk mencapai fase lucid dream. Posisi mata ketiga ada di antara kedua alis mata.
* Langkah-langkah :
1. Posisikan mata anda ke Third Eye, perhatikan baik-baik, tahan posisi mata anda dan pejamkan.
2. Setelah terpejam afirmasikan diri anda bahwa saya akan melakukan lucid dreaming, lalu visualisasikan diri anda sedang berada pada fase lucid.
3. Jika setelah kira-kira 3 menit anda belum juga tertidur, buka mata, kembalikan dalam posisi normal dan cobalah kembali tidur.
P.S : Teknik ini belum tentu cocok untuk semua orang, jika dirasa kurang nyaman dimohon untuk tidak dilakukan.

D. EILD (Electrical/External Induced Lucid Dreams), adalah teknik yang menggunakan alat bantu eksternal untuk mencapai fase lucid dream. Contohnya seperti Googles Nova DreamerVibrating WatchBrainwaves, dan program/alat induksi lainnya.

  • DREAM INDUCE

A. DILD (Dream Induced Lucid Dreams), adalah teknik yang menggunakan ‘kepekaan’ diri terhadap mimpi untuk mencapai fase lucid dream. Atau dengan kata lain ketika anda sedang bermimpi, anda sadar ini adalah mimpi, dan dengan keinginan untuk lucid dream, anda akan masuk dan dapat melakukan dream bending.
* Langkah-langkah :
1. Niatkan diri untuk melakukan lucid dream, lalu lakukan tidur secara normal.
2. Selalu berpikir kritis dan logis. Sehingga ketika anda sedang bermimpi muncul suatu hal yang tidak rasional (seperti bertemu orang yang sudah meninggal/berbicara dengan makhluk lain), anda akan langsung tersadar dan berkata, “Ini mimpi!”, lalu cobalah untuk menggerakan anggota tubuh anda.
* Alternatif :
1. Biasakan melakukan Reality Check, karena RC adalah salah satu penyebab besar terjadinya lucid dream. Khususnya ketika bangun tidur atau ketika anda berada di tempat tidur, hal ini dilakukan agar meminimalisir terjadinya false awakening.
2. Membuat sign, umumnya berupa sebuah coretan huruf/kata di anggota tubuh (lengan) menggunakan pena/pisdol. Terus ingat selalu tanda tersebut, tanamkan kedalam memori anda bahwa “Jika saya bermimpi tanda ini akan selalu muncul”. Jika komunikasi alam bawah sadar berhasil, niscaya anda akan dapat menemukan tanda itu ketika dalam mimpi.

B. DEILD (Dream Exit Induced Lucid Dreams), adalah teknik yang menggunakan kesadaran diri pada fase REM untuk mencapai fase lucid dreaming.
* Langkah-langkah :
1. Niatkan diri untuk melakukan lucid dream, lalu lakukan tidur secara normal. (sebelumnya pastikan bagi yang ingin menggunakan teknik ini sudah memiliki dream recall yang cukup baik)
2. Teknik ini didasari pada fase REM, ketika anda bermimpi berarti anda berada pada salah satu perputaran fase REM. Jadi usahakan diri untuk terbangun ketika fase REM/mimpi itu selesai, tetapi jika dirasa sulit set alarm/Lucid Timer sekitar 3 – 4 jam setelah anda tidur. (usahakan menggunakan suara reminder/alarm yang soft [jangan lupa juga set alarm akan mati secara otomatis setelah 1 – 2 menit])
3. Ketika alarm soft ini berbunyi anda akan berada pada posisi ‘antara bangun dan tidak’. Tetapi ingat, jangan melakukan gerakan apapun! Hal ini ditujukan agar tubuh masih bisa kembali ke fase REM dengan kesadaran, atau dengan kata lain masuk mimpi dengan sadar dan anda akan dapat melakukan lucid dream.
4. Niknmati semua fase yang dirasa, karena teknik ini umumnya juga melewati sleep paralyze tetapi dalam waktu yang lebih singkat. Teknik ini juga bisa kita sebut dengan ‘Short WILD‘.

C. MILD (Mnemonic Induced Lucid Dreams), adalah teknik yang ditemukan oleh Dr. Stephen LeBerge. Teknik ini dilakukan dengan bantuan afirmasi dan mimpi yang sebelumnya telah terjadi.
* Langkah-langkah :
1. Niatkan diri untuk melakukan lucid dream, lalu lakukan tidur secara normal. (sebelumnya pastikan bagi yang ingin menggunakan teknik ini sudah memiliki dream recall yang cukup baik)
2. Sebelum tertidur, tanamkan kepercayaan kepada pikiran alam bawah sadar bahwa nanti ketika bermimpi anda akan lekas terbangun dan mengingat segala detail dan dream sign mimpi. (dapat juga dengan memasang alarm 4 – 4.5 jam setelah kita tidur)
3, Setelah terbangun, langsung catat mimpi yang tadi kalian alami di sebuah buku (Dream Journal), usahakan untuk melakukan dream recall dengan sebaik mungkin.
4. Cobalah untuk kembali tidur, visualisasikan mimpi tadi dengan detail, dan usahakan untuk masuk kembali dalam mimpi tersebut untuk ‘melanjutkan’ mimpi yang sudah kalian alami. Sebut secara konstan dalam hati: “Ketika nanti saya bermimpi, saya akan sadar, dan saya akan melakukan lucid dreaming”.
5. Ingat, selalu aware untuk segala dream sign dan melakukan reality check .
5. Welcome to the dream world!

*NOTE : Semua teknik induksi diatas dianjurkan dilakukan dengan menggunakan bantuan WBTB.

A.1. WBTB (Wake Back To Bed), dalam aplikasinya WBTB dapat dilakukan untuk mengoptimalkan semua teknik-teknik lucid dreaming. Teknik ini mengaharuskan anda untuk tidur sebelumnya, dan setelah 3-4 Jam bangunlah sebentar, minum segelas air putih. Lalu lanjutkan tidur anda dengan menggunakan teknik induksi yang anda inginkan.

Diambil dari http://indonesianluciddreamers.blogspot.com

Iklan
Cara Bermain Mimpi ( Lucid Dream )

25 pemikiran pada “Cara Bermain Mimpi ( Lucid Dream )

  1. Ainin Najib berkata:

    apa ini juga sama dengan meraga sukma? atau ada bedanya?

    saya pernah membaca artikel yang hampir sama dengan ini, namun setelah saya mencoba bermain-main dengan yang seperti ini, tubuh saya saat tidur terasa seperti kesemutan. Mohon penjelasan.

    1. kalo yang raga sukma tu, astral projection beda lagi caranya, kesemutan itu tahapan awal kalo kita ingin melakukan astral projection, nanti setelah kesemutan biasanya akan terjadi mati rasa sekujur tubuh, ..
      tapi sebelum kita melakukan astral p, lebih baik kita belajar lucid dream dulu. karena tahap awalnya adalah lucid dream ini…

  2. black rabhit ithu abank berkata:

    Menarik..
    saya prnah,mengalami mimpi yg bisa saya kontrol,,aneh jg pdhl sebelumnya saya tdk prnh mempelajari hal2 seperti ini..bisakah saya dpt mengulang hal tersebut ?
    Saya tipe org yg penghayal..
    Balasannya saya tunggu.mksh ^_^

  3. Fauzind berkata:

    Saya sering gitu gan
    sering sadar kalo saya sedang mimpi trus kalo mau masuk mimpi orang gimana ya gan . . . ?
    resikonya apa . . . ?

    Mohon pencerahannya

    1. blum ada sih, teori untuk bisa masuk ke mimpi orang,
      tapi coba lihat tulisanku ttg jessica method, di ebooknya di ceritaiin bahwa jessica bisa memasuki mimpi orang, tapi aku sendiri belum pernah buktikan sih

  4. Uugh pusing.ane gk bsa di SPny.udh Ngeri gk karuan.tp tetep pngen bsa LD.abis pnasaran.
    Kalo diSPnya aman2 aj .ane layanin tuh ditahap SP .meski ngeri.truss ane mo nanya .LD tuh ad resikony gk?ruginy?tipsny?
    Emm cma iseng

    1. ruginya sih menurut ak = jadi seneng tidur 😀
      sepengetahuanku sih resiko nggak ada, mungkin ada yang bilang resiko bisa kerasukan dll, tapi jgan percaya. apa resiko kita bermimpi ? nothing
      sedikit tips, bikin diari mimpi, sering2 reality check, sama niatkan lucid dream di setiap mimpi 🙂

  5. amandgerld berkata:

    mau tanya klo yg tahap khusus FILD (Finger Induced Lucid Dream) lewatin fase slepp paralysis gak? dan fase tidurnya harus telentang atau apa?

    1. karena proses ini setelah tidur, anda nanti akan dengan mudah cepat tertidur, jdi fase sleep paralys hampir tidak terasa, tidurnya dalam posisi senyaman mungkin, lebih baik terlentang. Jngan lupa untuk langusng reality check

  6. aditya dwi putra berkata:

    saya berhasil melakukan ini semua.
    pada saat saya tidur pandangan saya menjadi pudar gelap. lalu saya mencoba untuk bangun. namun disaat itu saya tidak bisa bernafas dan semua anggota tubuh saya. tidak bisa saya gerakan lalu saya terjatuh di suatu lubang ketika saya sampai dibawah saya pingsan selama 30 menit didalam mimpi itu. lalu saya terbangun dibawah meja. dan saya melihat hewan aneh dia bisa bicara lalu hewan tersebut berbicara saya adalah manusia:”
    yang saya alami ini namanya apa tolong saran nya..??

  7. Gilang Bhaskara berkata:

    Sebelumnya ane gak tau tentang lucid dream tapi biasanya sebelum tidur ane bayangin apa yg mau ane impikan trus pas tidur berlanjut deh tuh yg ane bayangkan
    Itu termasuk lucid dream kagak yah soalnya penasaran aja abis baca nih artikel
    Btw keren banget artikelnya😁^^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s