Bagaimana Menjadi Detektif : WikiHow

Tulisan ini adalah terjemhan bebas dari Wiki How dengan sedikit tambahan.

Bagi anda yang tertarik dengan dunia detektif, mungkin berkeinginan untuk menjadikan detektif sebagai pekerjaan. Mungkin anda sudah merasa lebih mudah menyadari sesuatu daripada kebanyakan orang, atau pernah memecahkan kasus. Mungkin anda ingin mengasah kemampuan deduksi anda. Di bawah ada langkah-langak menjadi detektif profesional atau detektif amatir

METODE 1 Menjadi Detektif Profesional

  1.  Anda harus yakin bahwa pekerjaan sebagai detektif cocok untuk Anda. Menjadi detektif baik swasta maupun di lembaga Pemerintah keduanya sama-sama menuntut fisik maupun emosional. Anda harus selalu waspada di setiap waktu denfgan jam kerja yang tidak menentu, anda akan sering berurusan dengan TKP yang bisa saja sangat mengganggu. Pertanyakan pada diri anda sendiri, apakah Anda siap berkompromi dengan setiap konsekuensi dari pekerjaan ini.
  2. Dapatkan gelar. Jika anda ingin menjadi Detektif top dan mendapat kasus-kasus penting ang diprioitaskan, Anda mungkin harus membutuhkan gelar Criminal Justice dan lebih bagus lagi jika di Perguruan Tinggi yang terakreditasi (bukan sekedar kuliah online).
  3. Belajar bahasa daerah juga penting, ini akan memberikan penilaian positif dari bos anda jika anda dapat menyatu dengan masyarakat. Memperbanyak bahasa yang di kuasai menjadi salah satu aset yang berharga pula. Terkadang orang sesama etnis lebih suka menggunakan bahasa mereka dalam komunikasi, sehingga mudah bagi kita untuk menangkap informasi setiap saat.
  4. Perbanyak waktu patroli, untuk memudahkan naik pangkat. Anda harus bertahap dari polisi patroli menjadi detektif.
  5. Menyerahkan lamaran yang bagus dan meyakinkan. Ketika ketika lowongan detektif terbuka, fokus pada lamaran Anda untuk menjadi promosi diri Anda sendiri. Cantumkan semua alasan mengapa Anda adalah kandidat terbaik, dan bahas kemampuan Anda yang membuat Anda cocok untuk pekerjaan itu. Bacalah kembali setiap pengajuan tertulis beberapa kali untuk mengoreksi, dan minta teman anda membacanya untuk kejelasan tulisan dan ejaan, jika memungkinkan. Persiapkan diri anda untuk tes, menjalani evaluasi dan menjawab pertanyaan-pertanyaan menyelidik, seperti apa kelemahan Anda.
    Perlihatkan ketangguhan mental selama proses berlangsung. Kemampuan Anda untuk mengatur informasi dengan cara yang koheren sedangkan menahan situasi menyedihkan atau berlarut-larut akan sangat penting untuk menjadi seorang detektif yang kompeten. Perlihatkan ke atasan Anda bahwa Anda sudah memiliki bakat ini.
  6. Pertahankan semangat kerja Anda. Jadikan suasana kerja tetap semangat dan jangan berlebihan, semangat kerja yang berlebihan pasti diikuti dengan malas kerja, pertahankan keseimbangan.

Sekarang metode kedua, yang paing ditunggu-tunggu

MENJADI DETEKTIF AMATIR/SWASTA

  1. Melatih kemampuan mata. Kemampuan observasi yang tinggi sangat di perlukan, perhatikan detail-detail kecil yang banyak di lewatkan oleh orang lain. Benda-benda kecil atau variasi ketika orang bercerita. Menjadi mata dari mata itu sendiri 🙂 , untuk melatihnya perbanyak permainan-permainan yang memaksa memori untuk mengingat. Sering perhatikan lingkungan Anda, bahkan jika tidak ada apapun yang penting untuk diperhatikan. Anda mungkin tidak akan tahu apa yang akan anda lihat, dan lagipula itu untuk mengasah kemampuan detektif Anda. Jika anda menginginkan, anda dapat membeli Kit perlengkapan detektif anda, seperti kaca pembesar, teropong, bubuk debu sidik jari dan lain-lain.
  2. Asah kemampuan logika anda, banyak latihn dengan permainan-permainan teka-teki. Seperti sudoku, anagram, dan cobalah bermain kriptografi (sandi).
  3. Perhatikan apa yang terjadi. Pelajari bagaimana mengambil poin-poin penting dalam setiap kejadian, meskipun di keramaian cobalah cari gerakan-gerakan mencurigakan, seperti gerakan tangan yang gelisah, suara yang sedikit terangkat, perhatikan ekspresi wajah dan dengan siapa dia terhubung, pelajari setiap perilaku-perilaku manusia di sekeliling anda.
  4. Tahu dimana anda bisa mencari informasi. Perhatikan rekaman-rekaman permasalahan publik, tahu dimana tempat informasi menjadi sangat penting. apalagi di jaman modern ini. Kemampuan mendapatkan informasi di internet menjadi salah satu kemampuan yang sangat berguna bagi Anda.
  5. Pelajari kemampun bertanya, pelajari cara mendapatkan inti permasalahan tanpa menimbulkan perasaan yang tidak nyaman dari yang ditanya. Hindari pertanyaan dengan jawaban ya atau tidak, fokus pada pertanyaan-pertanyaan dengan jawaban yang langsung dan asli, seperti “dimana kamu pada pukul empat sore tadi?”
  6. catat setiap hal-hal yang penting. Siapkan buku kecil yang bisa anda bawa kemana-mana.
  7. Menjadi tidak terlihat, anda sebagai detektif harus pandai dalam kemampuan menyamar atau tidak terperhatikan dalam kerumunan, jangan mencolok dan mencurigakan. Selalu bawa sesuatu yang menghilangkan kecurigaan, seperti buku atau MP3.
  8. Stay Safe, jangan membawa diri anda dalam bahaya.

semoga bermanfaat terjemahan bebas saya ini …  dan memberi semangat bagi yang ingin jadi detektif

Yang perlu anda miliki, gadget-gadget untuk para detektif.

1. Hidden Camera.

Merupakan salah satu gadget andalan para detektif. Berguna untuk merekam aktivitas secara sembunyi-sembunyi. Di pasaran pun banyak sekali tipe-tipe hidden camera ini, atau dengan nama lainnya spy cam.

Di samping untuk merekam aktivitas secara sembunyi-sembunyi di momen penting, hidden camera juga bisa di gunakan sebagai camera untuk merekam keseharian anda, atau saat-saat genting sebagai bahan bukti dan lain sebagainya.

Masih banyak lagi manfaat yang belum saya sebutkan, jika anda berniat membeli satu buah hidden cam, Berikut rekomendasi rightmagic tentang jenis-jenis hidden camera yang dapat anda gunakan.

Berikut ini produk-produk Hidden Camera yang dapat anda beli

Spy cam berbentuk pulpen/ bolpoin.

  • desain gaya
  • mendukung 32GB memory card
  • masa rekaman 2 jam
  • baterai pengisian ulang
  • resolusi 720×480

Harga 70 ribuan, anda dapat melihat detailnya di sini Best CT Spy Pen Camera BPR6

Spy cam berbentuk Jam tangan.

Spy Cam Camera Jam Tangan Night Vision FULL HD 32 GB ( infrared )  

  • Bisa Foto & Video
  • Infrared (Night Vision)
  • Internal 32 GB
  • Full HD
  • Tali Jam Bahan Karet

Dengan jam dengan desain trendy dan kemampuan yang bagus anda dapatkan hanya dengan 300-an rb, detail dan produk sejenis lainnya lihat di sini Camera Jam Tangan Night Vision FULL HD 32 GB

Spy cam berbentuk kaca mata.

Lihat koleksi kaca mata dengan camera untuk mengintai disini, Spy Eye Glasses

Spy cam berbentuk kancing baju.

Atau jika anda ingin kamera yang lebih tersembunyi dan pasti siap setiap saat. Berikut ini camera yang berada di kancing baju anda, bukan berada sih tapi menggantikan kancing baju anda, berikut penampakannya.

  • – Dimensi: 69 x 15 x 10
  • – Interface type mini 5 pin USB
  • – Video Format: AVI 640X480 px
  • – Frame Rate 30fps
  • – Foto Format JPEG
  • – Kapasitas batere untuk rekam video: Sekitar 2 jam

Info lebih detail atau produk sejenis lainnya lihat di sini Kancing Baju Kamera 

Spy cam berbentuk korek api.

Akan lebih tersembunyi lagi, jika kamera merupakan alat yang normal kita bawa sehari-hari. Korek lebih meyakinkan, dan begitupun juga banyak orang yang sering memainkan korek yang di bawanya. Sehingga tidak akan menimbulkan kecurigaan.

  • mendukung sampai 32G micro sd
  • Bisa jadi USB 2.0 Flash Drive
  • Resolusi 720X480
  • Masa Rekaman sekitar 2 jam
  • Baterai Cas ulang

Dengan harga 90 ribuan anda sudah bisa mendapatkan korek ini. Jika ingin membeli atau melihat info detailnya klik disini Best CT Spy Lighter Camera Biru-Kuning

Spy cam berbentuk gantungan kunci.

Bagaimana jika gantungan kunci Anda merupakan kamera yang siap sedia merekam bukti-bukti anda.  Hanya dengan 50 an ribu rupiah anda bisa mendapatkan gantungan kunci berikut ini, lihat info detailnya di Best CT Spy Camera Remote Mobil 808

  • 30 fps
  • 720 x 480 pixel

2. Alat Pertahanan.

 

3. Lock Pick.

Lock pick adalah alat untuk membuka kunci. Seperti ketika anda melihat aksi pesulap yang meloloskan dari gembok atau rantai tanpa kunci, mereka menggunakan alat ini. Berikut ini contoh-contoh lockpick,

mulai dari yang sederhana – hingga kompleks dengan gembok untuk latihan.

Jika anda ingin membeli klik disini Lockpick Termurah dan Terlengkap

 

salam detektif ,hehe 🙂

untuk mengikuti artikel-artikel detektif lainnya bisa anda klik menu diatas BLOG > DETEKTIF

Iklan
Bagaimana Menjadi Detektif : WikiHow

12 pemikiran pada “Bagaimana Menjadi Detektif : WikiHow

    1. mmm.. kalo perkumpulan sih setau saya belum untuk orang2 yang benar2 membuka jasa detektif, tapi kalo perkumpulan komunitas penggemar detektif banyak, contohnya NDI, dan tentu masih banyak komunitas lain..
      😀

    1. wah aku baru tau soal sisca yovie tadi baca-baca, itu kalo seandainya bener yang tak baca di detik.com tentang kronologinya,
      menurutku pembunuhan tidak terencana, karena pertama Ade hanya mematikan Iphone sisca (artinya dia berniat mencuri). untuk kesaksiannya bahwa dia gak kerasa waktu sisca ikut terserat dengen motornya, karena sebelumnya dia di beri minuman ama pil mercy.
      so jadi bisa aja masuk akal dia gak kerasa.
      setelah menyadari bahwa sisca mungkin saja terbunuh akhirnya dia memutuskan membuang Iphonenya ( kalo dia berencana membunuh dia harusnya membuang Iphonenya sejak awal )
      yah infonya gak lengkap sih jadi cuma bisa beri sedikit komen

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s