Mudahnya Self Hypnosis

pada tulisan kali ini saya akan membahas bagaimana sih caranya menghipnotis diri sendiri ?

sebelum anda menanyakan hal itu dengan diri anda sendiri, pastinya anda akan bertanya, “ngapain repot-repot aku menghipnotis diri sendiri ? apa manfaatnya ?”

jawabanya adalah “banyak.”

anda bisa search di google berapa banyaknya manfaat kondisi hipnosis

“kok kondisi ?”

yap betul, hipnosis sebenarnya bukanlah tool/alat untuk terapi, hipnosis sendiri adalah suatu kondisi yang normal dialami manusia setiap hari. Yaitu terjadi saat manusia berfokus pada kondisi internal, yang dicapai pada gelombang otak tertentu ( alpha atau lebih rendah lagi ).

“jadi kondisi normal bagi manusia ?”

iya, bahkan setiap manusia mengalaminya, yaitu ketika mereka memusatkan perhatiannya pada satu hal, entah itu karena tertarik, atau karena sedih, senang, bahkan marah… contohnya ketika ibu-ibu menangis karena tayangan sinetron -_- . Ketika anak kecil takut dengan hantu ketika gelap, walaupun mereka sendiri tidak melihatnya, biasanya anak2 tipe audiotori akan mulai mendengarkan suara-suara aneh, anak yang visual akan mulai melihat bayangan-bayangan atau bahkan wujud hasil imajinasinya… yang sebenarnya mereka sedang mensugesti diri mereka sendiri,

“lantas kenapa kita perlu pergi ke hipnoterapi? jika dengan self hipnosis bisa ? ”

tidak semua masalah bisa dihadapi dengan self hipnosis, karena untuk masalah yang rumit di butuhkan penanganan yang pas, tdak hanya sekedar skrip/teks yang harus di sugestikan, ahli terapis akan memikirkan metode-metode yang cocok yang akan digunakan untuk menangani masalah tersebut.

” nah ? terus ngapain kita belajar self hipnosis ? ”

Dalam penanganan kasus-kasus sederhana, seperti membangkitkan motivasi, lupa menaruh barang atau kunci, mengatur jam tidur kita, mengatur kapan kita bangun, membantu daya ingat kita. dan masih banyak lagi kegunaan-kegunaan dari self hipnosis yang sebenarnya kita memanfaatkan potensi dari bagian terbesar pikiran kita.

” ooo … terus gimana dong caranya ? ”

-_- hem, kalau udah tau enaknya aja maunya langsungan …

Oke deh untuk melakukan self hipnosis ada 4 langkah mudah yang akan kita lalui ..

1. Memasuki kondisi trace ( kondisi hipnosis )
2. Melakuakan pendalaman relaksasi
3. Mensugesti diri sendiri
4. Kembali ke kondisi normal

hanya dengan empat langkah tersebut anda sudah bisa mengakses kemampuan pikiran bawah sadar anda… 🙂

” cuma gitu doang ? ”

iya gampang kan ? nah untuk yang belum tahu caranya akan saya jelaskan dibawah ini untuk masing-masing langkahnya …

MENGAKSES PIKIRAN BAWAH SADAR

Cara mengakses pikiran bawah sadar ini melalui proses relaksasi fisik dan mental, serta juga berfokus hanya pada satu hal saja.

Pilih raungan yang kondusif untuksesi self hipnosis anda. Pada orang yang baru belajar self hipnosis di perlukan sebuah ruangan yang tenang, nyaman dan tanpa gangguan. Anda dapat mmutar musik-musik relaksasi untuk membantu anda, bisa juga dengan membakar wangi-wangian aromaterapi. Atau tanpa keduanyapun sesi self hipnosis tetap akan mudah berlangsung.

Bagi yang sudah terlatih, akan mampu mengakses pikiran bawah sadar dimanapun dan kapanpun dengan sangat cepat, bisa dengan hitungan 1 sampai 10 sudah langsung bisa masuk kondisi bawah sadar. Untuk teknik yang cepat ini memerlukan latihan dan kesabaran, yang mungkin akan saya bahas di postingan berikutnya.

Pada postingan ini yang saya jabarkan adalah cara self hipnosis yang mudah dan umum dapat digunakan siapa saja, tanpa latihan cukup mengikuti langkah-langkah ini dengan benar dan berurutan.

Baik, anda dapat mempersiapkan diri anda dengan duduk bersandar maupun dengan berbaring, manapun yang anda pilih harus merupakan posisi yang paling nyaman bagi diri anda.

Selanjutnya, fokuskan perhatian pada napas anda, tarik napas dalam-dalam lalu keluarkan lewat mulut perlahan-lahan. Sambil anda mengatur napas anda bayangkan anda menarik udara yang bersih dan segar sekali yang membuat tubuh anda menjadi sangat rileks dan segar. Bayangkan pula anda membuang udara kotor dari dalam tubuh anda ketika anda menghembuskan napas. Rasakan pula bahwa setiap anda menarik dan menghembuskan napas. anda di bawa ke kondisi yang lebih rileks.

anda dapat menambahkan sugesti berikut ini : (katakan dalam hati)

saat ini, aku menarik energi positif setiap kali aku menarik napas, dan mengeluarkan energi negatif setiap aku menghembuskan napas. Semakin lama, aku semakin rileks dan tenang. dan aku merasa berada dalam konsisi nyaman yang sangat dalam.

Bayangkan (visualisasikan ) sebuah bola sinar putih berada di ubun-ubun anda dan membuat sekitarnya menjadi rileks. Kemudian rasakan dan bayangkan sinar itu mulai memanjang turun ke kening, alis mata, hidung, dan dagu anda dengan sangat perlahan-lahan dan pasti. Dan anda mulai merasakan sangat rileks pada anggota badan anda yang terkena cahaya tersebut. Berkatalah dalam hati :

saat ini, mulai dari ubun-ubun kepala sampai daguku diselimuti oleh bola sinar putih sejuk ini,semuanya menjadi sangat rileks dan malas untuk digerakkan lagi.

cobalah untuk mulai menggerakan kelopak mata anda.  Saat kelopak mata anda mulai terasa malas untuk dibuka dan digerakkan, teruskan untuk membayangkan sinar putih itu memanjang terus kebarah menuju leher hingga dada.

tapi jika mata anda masih belum terasa malas untuk dibuka, lanjutkan dengan mengucapkan kalimat semacam ini :

Dalam hitungan mundur, mulai dari tiga,aku akan berada dalam kondisi yang lebih dalam lagi sehingga kepalaku sangat rileks dan sangat malas untuk digerakkan. Tiga …, bertambah relaks dan dalam…. Dua…., semakin relaks dan dalam….  Satu…, benar-benar sangat relaks dan dalam,

Setelah itu lanjutkan sinar tersebut memanjang kebawah ke leher, hingga ke dada.

Saat ini, rasa relaks tersebut telah menjalar hingga ke leher dan dadaku. sehingga sekarang, mulai dari ubun-ubun sampai dadaku terasa relaks dan nyaman yang sangat dalam.

Kemudian lanjutnya kebawah, sambil mengetakan dalam hati :

saat ini, rasa relaks tersebut talah men-jalar hingga ke leher dan dadaku sehingga sekarang, mulai dari ubun-ubun, lengan dan jari-jari tangan, punggung, perut, dan pahaku berada dalam kondisi relaks dan nyaman sangat dalam. begitu dalam sehingga kedua lenganku  sangat malas untuk di gerakkan

coba gerakkan salah satu lengan anda perlahan-lahan. Jika masih terasa belum malas untuk digerakkan bisa anda lanjutkan dengan mengatakan di bawah ini :

dalam hitungan mundur, mulai dari tiga, aku akan berada dalam kondisi yang lebih dalam lagi sehingga kedua lenganku menjadi sangat relaks dan malas sekali untuk di gerakkan. tiga…, bertambah relaks dan dalam… dua…, semakin relaks dan dalam…  Satu…., benar-benar sangat relaks dan dalam.

kemudian lanjutkan :

saat ini rasa relaks tersebut telah menjalar ke seluruh tubuhku, mulai dari ubun-ubun hingga jari-jari kakiku. begitu dalam sehingga jari-jari kakiku sangat malas untuk di gerakkan.

JIka belum terasa malas untuk digerakkan silahkan lanjutkan di bawah ini :

Dalam hitungan mundur mulai dari tiga, aku akan berada dalam kondisi yang lebih dalam lagi sehingga jari-jari kakiku menjadi sangat relaks dan malas sekali untuk di gerakkan. tiga…., bertambah relaks dan dalam…. Dua…, semakin relaks dan dalam… Satu…, benar-benar sangat relaks da dalam.

MELAKUKAN PENDALAMAN RELAKSASI

katakan dalam hati :

Aku menghitung mundur dari 10 hingga 1 dan setiap hitungan mundur berjalan, aku dibawa dalam kondisi relaks dan nyaman yang semakin dalam.

MENSUGESTI DIRI SENDIRI

Anda dapat mensugesti diri anda sendiri, sesuai dengan kenginan anda. Dengan mengucapkannya dalam hati, sebaiknya anda menyusun terlebih dahulu sugesti yang akan anda berikan sebelum sesi self hipnosis dilakukan.

Perhatikan prinsip-prinsip dalam merangkai kalimat sugesti, yaitu menggunakan kalmat positif. Hindari kata-kata: “Tidak”, “Jangan”, dan sejenisnya karena kata-kata semacam itu dapat menimbulkan salah pemahaman dari pikiran bawah sadar. contohnya hindari kalimat “Saya tidak merokok lagi”  gantikan dengan kalimat “saya berhenti merokok”. Prinsip berikutnya adalah gunakan kalimat yang menyatakan kondisi sekarang, bukan kondisi yang akan dilakukan pada masa mendatang.  Sertakan juga alasan-alasan positif yang menharuskan anda menjalankan sugestinya.

contoh sugesti untuk berhenti merokok :

Mulai saat ini dan seterusnya, saya meninggalkan kebiasaan merokok saya, untuk dapat hidup lebih baik dan sehat bagi diri sendiri, keluarga danorang sekitar saya”

dan ualng-ulang sugesti secukupnya sehingga benar-benar tertanam dalam pkiran kita.

KEMBALI KE KEONDISI NORMAL

Kini, aku akan menghitung dari 1 sampai 10 dan pada hitungan ke-10, aku meninggalkan kondisi hipnosis ini untuk kembali normal dan membuka mata, dengan kondisi saat aku telah termotivasi/meninggalkan kebiasaan buruk…. aku memulai hidup baru sekarang dan seterusnya.

akhirnya selesai juga, cara mensugesti diri sendiri untuk berbagai kebutuhan dan keinginan kita sendiri semudah membalikkan telapak tangan, 😀

Nah, jika anda ingin belajar menghipnosis Orang, berikut panduan yang saya tulis di web terbaru saya.

panduan belajar menghipnosis orang.

panduan hipnotis gratis

Iklan
Mudahnya Self Hypnosis

72 pemikiran pada “Mudahnya Self Hypnosis

  1. andiarmiapratiwi berkata:

    saya penasaran kenapa Ramadhan masih percaya tuhan padahal tau jelas cara kerja dan kekuatan otak dan alam bawah sadar.

    1. memang awal mendalami semuanya ada godaan untuk mempertanyakan tuhan,
      tapi setelah di balik, semua sistem yang komplek tersebut siapa yang membuatnya? siapa yang merancangnya ? apa cukup hanya tercipta secara tidak sengaja ?
      masih ada yang belum kita temukan 🙂

      1. muhamad munir berkata:

        betul, kita ini adalah micro cosmos, alam semesta adalah macro cosmos dan pencipta langit dan bumi dan segala isinya adalah Maha cosmos, termasuk kita ini diciptakan olehNya, kekuatan kita terbatas dan semuanya akan kembali (sirna/meninggal,mati,punah) Pada Nya. So sehebat apapun kekuatan diri seseorang itu bukanlah apa apa dimata Allah. jadi mari kita jadikan kekuatan diri (mind Power) kita sebagai sarana untk hal yang utama menyembah kepadaNya. karna kepadaNyalah tujuan akhir dari hidup kita ini baik di dunia maupun di akhirat bagi mereka yg berakal. salam

  2. lala berkata:

    maaf mas ada ga versi audio atau mp3-nya? Soalnya agak susah dipraktekkan kalau sambil membuka mata untuk membaca teksnya..
    terima kasih infonya..^^

  3. luthfan berkata:

    Berhasil gan, cuma takut juga. td ane tambahin sugesti semua indra tdk merespon apapun maksudnya biar fokus. eh, beneran trasa mlah takut. gelap, ga denger apapun. ga ngerasain apapun.

  4. Gan Kok pas ane coba rasanya badan ane panas bgt gan terus pas dah selese tw2 ada tanda o double tpi 1 lingkaran di tangan kiri kaya bekas luka gtu padahal sebelumnya ga ada…? itu kenapa gan ? hipnosis ini hukumnya dalam islam si apa ya ? thnks

    1. Gan Kok pas ane coba rasanya badan ane panas bgt gan terus pas dah selese tw2 ada tanda o double tpi 1 lingkaran di tangan kiri kaya bekas luka gtu padahal sebelumnya ga ada…? itu kenapa gan ? hipnosis ini hukumnya dalam islam si apa ya ? thnks

      1. bekas gimana gan ?
        hipnosis itu sebenarnya cuma state atau keadaan kita aja, ketika rang khusyu dzkir atau sholat sebenarnya berada dalam keadaan yang sama dengan kondisi hipnosis, jd hukumnya anda bisa simpulkan sendiri 🙂

    1. Sabar, d lakukan aja, apapun yang anda rasakan minimal rasa rileks dn mnghilangkan stress terima dan syukuri, sering” berlatih, kalo pake suara sendiri bisa dengan mbatin, tpi lebih efektif ketika pakek rekaman

  5. ambar berkata:

    Bang, ane berhasil self hipnosis, kadang cuma nutup mata masuk keadaan trance. nah gara gampang itu yang bikin ane susah tidur pules kadang juga gak bisa tidur malah masuk keadaan trance mulu, bikin mata ane pedes muli, bisa dibantu kasih saran bang buat nanganin masalah itu?
    Cepet bales bang, Nyiksa bener ini

  6. Wahh artikelnya keren tambah pengetahuan tentang hipnosis,
    kak gmna ya cara menghapus program lama yang tertanam di dalam otak,dan mengganti dengan program baru,contoh : suka menyalahkan orang lain / malas,menjadi bertanggung jawab terhadap diri sendiri /rajin ???
    dan satu lagi cara meningkatkan self image hahaha

    maaf banyak tannya mohon ilmunya terima kasih

  7. Assalamualaikum

    Dear Mas Ramadhan,

    Terimakasih untuk tips self hypnonya, penjelasannya singkat namun jelas untuk dipahami.
    saya sudah mencoba beberapa langkahnya, saya masih bingung dengan posisi trance atau pada saat mulai memasuki alam bawah sadar.

    setelah saya sudah mulai merasa rileks sampai ujung kaki, saya mulai sugesti diri saya dari hitungan 10 sampai 1 dimana diri saya semakin rileks dan semakin dalam. setelah hitungan 1 saya merasa mati rasa dari ujung kepala sampai kaki, apakah itu dapat dikatan sukses dalam menghipnotis diri saya sendiri?

    dan saya mengulang’ sugesti untuk semakin rajin belajar, setelah saya rasa cukup saya mulai menghitung kembali dari 10 – 1 dan mensugestikan diri saya bangun. setelah bangun badan saya terasa lemas dan agak kesetrum.

    yang saya ingin tanyakan, apakah self teraphy saya ini bener’ berhasil, atau belum. soalnya dari tahap awal sampai selesai kurang lebih memakan waktu 10 menit saja?

    tapi nanti saya coba lagi menjelang mau tidur…

    1. Hipnosys dapat terjadi dengan waktu yang sangat singkat, jangankan 10 menit 5 menit saja sudah cukup 🙂 . Jadi yang anda lakukan itu sudah berhasil, dan akan lebih berhasil lagi ketika anda sudah tidak bertanya-tanya dalam hati sudah berhasil atau tidak. Cukup rasakan perubahan sedikit demi sedikit kearah sugesti anda tersebut. 🙂 terimakasih

  8. alhamdulillah…saya sering melakukan hal ini sebelumnya, tapi tidak selengkap ini…saya biasa melakukan teknik menarik napas dalam-dalam lalu keluarkan semuanya untuk kepentingan kesehatan…terimakasih sudah berbagi

    1. Terima kasih 🙂
      untuk ciri-cirinya sendiri, ketika anda sudah rileks itu sebenartnya sudah di light trance, tentunya kalau anda lanjutkan dan enggak memikirkan sudah masuk atau belum cukup dengan menikmatinya anda akan berpindah dari light trance ke deep trance.

  9. belum lama aku mencoba menghipnotis diri sendiri dan itu baru pertama kali… tekniknya aku ambil dari google.

    aku mencoba relaksasi tapi kok lama kelamaan tubuhku dan suara di sekitar malah terasa berat. aku pikir mungkin aku sudah memasuki kondisi deep trance. kemudian aku memasukkan kata-kata yang aku inginkan. seperti: aku selalu tenang dimanapun aku berada .

    alhamdulillah, sampai skearang, kata-kata tersebut sudah cukup berhasil menghipnotisku.

    namun, ada satu masalah, aku agak takut kondisi tubuhku yang tiba-tiba terasa berat itu. ya, takut kenapa-kenapa….

    yang jadi pertanyaan apa aku tetap boleh melakukan teknik self hipnosis tersebut? dgn cara merelaksasi tubuh?

    1. terasa berat itu sebenarnya juga hasil dari sugesti, buat aja pikiran kalau terasa berat tubuh semakin nyaman sehingga membantu mempercepat relaksasi. 🙂
      jadi aman-aman saja. apa yang anda yakini adalah yang akan anda alami

      1. anton berkata:

        Nma sya anton,sya sring mrasa cmas dan ktakutan sndiri ssmpai keluar kringat dingin.
        Trus saya sring mrasa diri sya sakit,tp skitnya itu brpindah pindah,apakah itu smua itu krna fktor fkiran negatif sya saja.
        Tlong ksih pncerahan nya mas?
        Mksih

      2. Silahkan anda amati, apa penyebab rasa cemas dan khawatir, coba rileks terus gambarkan diri anda yang emas didepan anda dan ajak komunikasi, cari tau apa penyebabnya ..
        dan untuk rasa sakit yang berpindah-pindah itu biasanya muncul saat kapan dan bagaimana ?

  10. ardy berkata:

    Gan…ane udeh coba tahapan nya…tapi yang terjadi suara dentuman dengung …berisik tapi bikin rileks…terus tubuh ana yang aslinya berbaring posisinya kayak jungkir balik…kadang berbaring..berdiri..telungkup…sampe kaki serasa di atas kepala di bawah….apakah hipnosis saya bermasalah….seberapa sukses kan tahapan yang ane udeh capai

      1. guntur berkata:

        Gan mhn djlskn. Ktika kita masuk kondisi trace apakh kta masih sadar? Saya dhipnotis orang bbrpa x ggal. Sya cb self hipnotis jg susah. Tp saya nyba mghipnotis org la kok mlh bisa ya hahaa

  11. loveIslam berkata:

    assalaamu’alaikum mas,
    kalo self hipnotis ini bisa ga untuk menghilangkan was was yang udah kronis? supaya ngga ngulang2 niat ngga bolak2 wudhu atau sholat, ngga kuatiran, ngga merasa ada yg ngeliatin, pokoknya semua ibadah wajib. trus gimana caranya supaya ngga pakai kata2 “tidak” “jangan” sedangkan kata2 itu maksudnya untuk mencegah melakukannya lagi.
    bener2 ngarep dan nungguin jawabannya nih mas.
    wassalaamu’alaikum

    1. Bisa untuk menghilangkan kekhawatiran yang berlebih. tinggal susun kalimat sugestinya, dengan kata-kata untuk membujuk diri anda supaya tidak was-was. pahami titip permasalahan kenapa sih anda was-was, kemudian di lanjutkan cari jawaban bahwa was-was anda itu terlalu berlebih.
      untuk mencegah kan gak harus pake kata tidak, contoh “saya tidak akan merokok lagi” di ganti ” saya berhenti merokok”

  12. Indah berkata:

    Gan, bisa gak menghipnotis diri agar gak DINGIN lagi ke orang lain (aku menjadi dingin karena dulu pernah rasakan kecewa yang dalam banget, jadi berubah dingin seperti itu, smpai emak ku bilang aku ga seceria dulu), aku udah coba mencoba untuk jadi diri aku yang ceria seperti dulu, tapi gaada yang berhasil, malah tetep dianggap dingin sama kerabat, temen” dll. Aku ingin mengembalikan sifat ceriaku yang lama, terus mau ngilangin rasa takut untuk NGOMONG, cara bisa tersenyum lagi, gak ketus lagi 😭😭😭. Bisa gak gan ?

    1. Iya tentu saja mbak, tapi anda harus cari dulu apa sebab dari perubahan anda itu, coba pakai self hipnosis untuk memutar ulang diri anda yang dulu hingga proses berubah yang sekarang, amati kenapa dan apa pokok masalah hingga anda berubah

  13. Feby berkata:

    Sy sudah mencobanya, ketika kembali ke kondisi normal dan menghitung dr 1-10 sy justru merasa masuk k lubang hitam yg dalam dan ketika membuka mata, badan terasa ringan dan kepala jg terasa ringan dan sedikit pusing. Apakah itu normal?

  14. Malianti berkata:

    Mas pas aku coba yg pertama itu seluruh tubuh terasa kaku, gak bisa digerakin. Trus pas aku hitung mundur 50-1 dan pas aku mulai kasi sugesti, pandangan gelaaaap bgt trus lama kelamaan badan terasa panas dan detak jantung cepat. Trus cpet2 aku balikin lagi biar bisa bangun. Kira2 itu udah berhasil mas?

    1. Sebenarnya tidak apa-apa itu mbak. Cukup tenangin aja pikiran dan alihkan ke hal-hal yang bikin nyaman. Biasanya muncul karena perasaan takut dan was-was saja

    1. Bisa, tapi efeknya bukan anda langsung pinter matematika. Tapi membuat matematika terasa mudah dan senang terhadap matematika. Jadi akan cepat dalam belajar matematika

  15. bang saya sering mencoban self hipnosis tapi tiba tiba tertidur benaran, tetapi beberapa saat kemudian saya tiba tiba sadar kalau saya lagi dalam kondisi self hipnosis, mohon penjelasannya kira kira apa namanya yang saya alami itu, thanks

      1. thank u bang untuk jawabannya,..

        bang kalau mau self hipnosis untuk menguatakan logika itu gimana caranya?? saya rasa logika ku tidak bekerja dengan baik,,, saya sulit sekali untuk menganlisa suatu masalah atau pernyataan seseorang, berapa kali saya coba susgesti dengan mengatakan “mulai sekarang dan seterusnya logikaku berkerja denga sangat aktif dan sangat baik” tapi gak ada hasilnya yang saya rasa mohon bantuanya bang mungkin kalimat sugsti saya tidak benar atau gimana, thnks

  16. nages berkata:

    Saya coba gck bisa karena mata sy bergerak gerak ketika tutup mata, g mana carnya agar tdk bergerak gerak mata ini ya saat memutup mata ,,
    Tlg balas

  17. dafa berkata:

    gan ane mau nanya,apa kondisi rileks mati rasa yg dirasain org itu prosesnya sama kaya sleep paralys?klo sama bisa ga waktu bangun tidur tiba2 udh ketindihan aja kita sugestiin pikiran kita?thanks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s