Cara Mudah Merubah Diri Anda 180 Derajat

What ? merubah diri 180 derajat ? apa maksudnya ?

Pernahkah anda merasa diri anda bukanlah seperti yang anda inginkan. Contohnya anda ingin menjadi orang yang rajin, nah kenyataanya anda adalah orang yang super malas. Anda ingin sehat, tapi malas olahraga. Ingin kaya, tapi ketika kerja keras malah bikin stress dan akhirnya memilih kerja santai-santai. Anda ingin kurus, tapi kebiasaan ngemil enggak sanggup dihilangkan. Dan masih banyak lagi contoh yang dapat saya sebutkan, but that’s not important …

karena masalah yang akan kita bahas adalah bagaimana merubah orang yang benci banget dengan buku menjadi kutu buku alias orang yang ngefan banget sama buku. Dengan usaha yang sangat kecil seringan ngangkat semut …

saya juga menulis tentang apa itu introvert di bacapikiran.com

serius ? aku berhenti baca deh, aku kan gak pengen jadi kutu buku.

haha, ya tentu saja enggak masalah jadi kutu buku aja, kalimat diatas cuma perumpamaan. intinya bagaimana caranya merubah diri kita yang saat ini bener-bener benci dengan apa yang kita inginkan. nah loh … benci dengan apa yang diinginkan … ckck

Ya, seperti yang saya contohkan diatas, baiklah kita lanjutkan … cara-cara di bawah ini sangat manjur, manjurnya karena mudahnya kita melakukannya … kalo yang ini enggak bercanda ๐Ÿ˜€

udah terusin aja ngomongnya gak usah banyak cincang …

oke-oke, pertama kita bahas caranya dengan contoh kasus ya… Dani adalah seorang anak yang suka sekali membaca, dan menonton film. Dia memiliki cita-cita untuk membuat sebuah novel dengan cerita yang luar biasa. Dani adalah anak yang cemerlang dan tentu saja kreatif, ide-ide brilian tentang tulisan pun bermunculan setiap waktu. Tapi hingga saat ini tidak ada satu novel pun yang ia buat. Setiap kali Dani termotivasi untuk membuat novel, entah termotivasi karena kata-kata mario teguh atau siapa pun hehe .. Dani kemudian bersemangat sekali dan mulai menulis ceritanya, tapi itu tidak bertahan lama maksimal 3 hari dia sudah enggak menulis lagi- berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun tidak terlanjutkan apa yang ia sudah mulai … akhirnya apa yang ia dapat ??? nol besar – semua keinginannya enggak tercapai karena dirinya sendiri …

baik selanjutnya apa ?

Selanjutnya akan kita bedah masalah diatas, dan bisa temen-temen terapkan ke masalah yang lain.

oke

Kenapa Dani tidak berhasil menulis novel ?? gak tau emang gue pikirin ..

hadeh … Dani tidak berhasil menulis satupun novel karena KEBIASAANnya “menunda”, kenapa kebiasaan menundanya muncul ??

karena semangatnya, dan ide jeniusnya …

loh kok bisa ?

karena dia bersemangat sekali dan ide-ide banyak bermunculan, akhirnya dia membuat papan target besar-besaran. contohnya dalam 1 bulan berhasil menulis sebuah novel, novelnya enggak tanggung-tanggung harus memiliki unsur cerita yang sangat kompleks dan penuh kejutan-kejutan yang tidak bisa di terka pembaca dsb … pokonya intinya targetnya muluk banget —- akhirnya apa yang terjadi ?? belum sempat mau ngerjakan targetnya… lihat targetnya saja sudah capek duluan, belum lagi membayangkan mau ngerjakan, bakalan capek dan pusing luar biasa, belum lagi kalo udah dipikirkan akan muncul benak keraguan ” Apa bisa ya aku mencapainya ”ย  ( coba bayangkan anda pasang target penghasilan 50 juta perbulan, sedang saat ini bahkan 1 juta perbulan masih belum. Pasti deh lihat targetnya langsung ragu ” Apa bisa ya ? “ ) kalau sudah begini akhirnya muncul kata-kata ” ah nanti aja deh nulisnya, nonton film dulu “ akhirnya nonton film kemudian mengantuk tidur, besok lagi seperti itu nunda lagi, nunda lagi dan seterusnya muncullah KEBIASAAN menunda ini.

Nah sampai disini setidaknya ada gambaran apa KEBIASAAN itu ?

simpelnya apa rutinitas kita, atau apapun yang kita lakukan berulang-ulang itu adalah kebiasaan.Nah kebiasaan ini terbentuk karena proses pengulangan ini.

Contohnya ketika anda baru belajar bersepeda, anda pasti kesulitan karena otak harus memikirkan bagaimana mengayuh sepedanya, bagaimana mengeremnya, bagaimana menyeimbangkannya dan masih banyak lainnya yang harus otak pikirkan untuk bersepeda. Tapi lama-kelamaan ketika anda sudah terbiasa nantinya tanpa memikirkan hal-hal tersebut anda bisa bersepeda dengan lancar, tanpa bersusah payah memikirkan bagaimana mengayuhnya dsb… kenapa bisa begitu ? karena otak sudah merekamnya dan menyimpannya menjadi sebuah program paten, jadi kita sudah tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga lagi untuk bersepeda. kalau sudah terinstal programnya maka akan sulit sekali meng-uninstallnya, coba deh lupakan cara bersepeda… bisa ?? atau lupakan cara membaca ?? .. sulit sekali kan .. nah maka dari itu topik dari tulisan ini adalah bagaimana membentuk kebiasaan bukan menghapus kebiasaan, walaupun teknik-teknik yang akan saya tuliskan dapat digunakan untuk itu. tapi akan lebih mudah jika kita membentuk kebiasaan- kebiasaan baru.

Nah bisa anda bayangkan bagaimana jadinya kalau anda sudah tidak perlu capek-capek lagi mengeluarkan tenaga tapi semua kebiasaan yang anda inginkan tercapai ??? bukankah sangat menyenangkan..

nah masalahnya sudah banyak kah kebiasaan positif kita bila dibandingkan dengan kebiasaan negatif kita ?

dari 24 jam yang kita habiskan berapa jam kebiasaan-kebiasaan kita yang produktif ?

inginnya sih begitu … ya kan ??

pengen setiap menit bahkan detik kita bermanfaat, tapi kalah dengan MALASnya … punya rencana banyak buat memanfaatkan setiap detiknya tapi kalah dengan MALAS ??

kenapa ?? ya karena sifat alamiah manusia adalah MALAS dan SERAKAH …

tolong dingat-ingat kedua hal itu, karena kita enggak bisa melawannya… karena itu sudah menjadi dasar manusia …

trus apa gunanya gue baca ini tulisan ???

tunggu dulu.. emang kita enggak bisa melawan dua hal tersebut, tapi akan saya tuliskan cara-cara mengarahkan kedua hal tersebut untuk membentuk kebiasan-kebiasaan positif kita …

Karena kita bakalan gak mampu ngelawan, ya harus kita arahkan ke arah yang kita inginkan ๐Ÿ˜‰

baik akan saya persingkat saja …

beberapa jurus di bawah ini akan sangat powerfull dan bermanfaat sekali buat anda ketika hal itu semakin simpel … enaknya gini semakin simpel semakin besar dampaknya, kenapa ??? karena kita malas, jadi gak mau yang rumit-rumit kan ?

Nah kelemahan kita ? kalau berhadapan dengan yang simpel-simpel akan berpikiran apa iya sih ?? akhirnya ragu dan mengentengkan, yang pastinya gak akan berhasil sama sekali buat anda jika anda berpikiran seperti itu.

oke-oke maap kalau tulisan saya ini banyak yang membingungkan, karena kondisi saya nulis artikel ini sedang dalam kondisi ngantuk , haha .. sekarang jam 6 pagi dan semalaman tadi belum tidur karena ngerjakan tugas kuliah ๐Ÿ˜€

kok malah curhat -_-

sorry-sorry buat selingan, baik rumusnya untuk membuat kebiasaan positif dan produktif agar 24 jam anda bermanfaat banget buat anda adalah ,…

yang pertama ” Baby Steps ”ย  atau enaknya adalah langkah kecil, langkah bayi atau apalah…

kenapa Dani di cerita diatas gagal, karena dia merencanakan langkah besar …

nah karena diri itu malas, ngelawan deh langkah besar yang keliahatannya aja sudah berat. maka dari itu kita harus memulai kebiasaan baru kita sekecil mungkin,…

SEKECIL MUNGKIN sampai terasa gak masuk akal …

contohnya nih pengen punya kebiasaan olah raga push up setiap pagi hari … mulailah dengan mentargetkan untuk push up 1 kali saja setiap pagi.

haha olahraga macam apa itu, cuma push up 1 kali

Ini yang kita cari, segila mugnkin, sekecil mungkin, seenteng mungkin sampai kita MALAS untuk tidak melakukannya.. ” Masak sih push up satu kali aja gak bisa ak” nah seperti itu … pokoknya targetkan untuk melakukannya, dengan begitu kita menargetkan sesuatu yang benar-benar kita sadari kita mampu memenuhi target itu.

Contohnya lagi pengen punya kebiasaan yoga, jadi setiap pagi menargetkan yoga dengan menarik nafas satu kali, udah gitu aja …

kemudian kita memanfaatkan rasa SERAKAH diri kita, karena udah MALAS untuk tidak push up satu kali, ketika push up muncul perasaan serakah kita, perasaan pengen cepet dpat hasil yang maksimal, kalau udah muncul perasaan itu, ikuti saja – teruskan push up nya, yang terpenting kita sudah memenuhi target kita 1 kali. Untuk seterusnya ikuti rasa serakahnya sepuas rasa itu… besok pagi lagi, cukup niatkan push up 1 kali saja, biar perasaan enteng untuk mengerjakannya muncul…

seperti itu gambarannya … nah selanjutnya kita akan mulai merumuskannya

untuk membentuk kebiasan-kebiasaan baru, cukup anda percayai saja .. karena akan sangat luas kalau dijabarkan (saya juga udah ngantuk berat ini ๐Ÿ˜€ ) … cukup ikuti aturan-aturan berikut ini …

REMINDER —> ROUTINE —> REWARDS

REMINDER mudahnya adalah pengingat … jadi disini sebagai penginat kebiasaan, contohnya ketika anda mendegarkan suatu lagu tiba-tiba anda teringat memori masa lalu. ini disebut trigger atau pemicu … jadi cari sesuatu untuk memicu kebiasaan baru anda tersebut. selanjutnya

ROUTINE adalah gerakan rutinitas kita, atau reflek kita ketika kita terpicu oleh reminder kita tadi.. contoh routine adalah push up 1 kali .. itu adalah routinenya

REWARDS adalah hadiah… manusia itu senang jika di beri hadiah, otak kita akan tertarik kalau di beri hadiah, sehingga memicu untuk mengingat kejadian itu dan bakalan seneng untuk mendapatkan hadiah. Tapi hadiah yang dimaksud disini bukan barang, tapi bisa berbentuk penghargaan, perasaan atau lainnya .. contoh push up diatas, untuk rewardnya adalah setelah push up sambil mengepalkan tangan dan bilang aku sehat !! aku kuat !!

dari ketiga urutan diatas ingat baik-baik, karena itu rumus terbaik untuk membuat sebuah kebiasaan baru …

dan sekali membuat kebiasaan baru, buatlah 3 kebiasaan baru sekaligus ..

contonya =

  • Ketika saya ke kamar mandi (reminder) saya akan push up 1 kali (routine) kemudian mengepal dan berkata saya sehat !! saya kuat !!
  • Setiap Kali saya membuka BBM (reminder ) saya akan menata 1 buah barang di kamar saya (routine) kemudian saya akan merasa bahagia karena semuanya terasa rapi
  • Setiap kali saya akan tidur sayaย  akan membaca satu buah kata dalam buku dan saya merasakan perasaan tercerahkan bertambah wawasan

itu contohnya … yang terpenting adalah lakukan sekarang juga, buat kebiasaan baru anda .. setiap 5 hari sekali tambah lagi 3 kebiasaan baru, ini namanya habit stacking atau menumpuk kebiasaan.. karena orang-orang sukses punyaย habit stackingย yang bagus-bagus.. kalau dirasa kebiasaan yang sebelumnya kurang terbiasa anda bisa mengulanginya 5 hari kedepan, dan seterusnya …

coba bayangkan kalau anda melakukannya .. akan menjadi sehebat apa anda , seproduktif apa anda dalam 1 tahun kedepan ??

jangan banyak mikir, langsung buat saja, pasti sedang mikir kebiasaan apa dulu ya yang aku buat ..

enggak usah seperti itu, apa yang terpikirkan langsung buat saja, toh masih banyak waktu untuk menumpuk kebiasaan positif anda ๐Ÿ˜€ selamat berubah …

#PowerOfReverse

PS :

Setelah sedikit ngedit tulisan ini, saya pengen ngasih sediki tips buat memilih kebiasaan-kebiasaan baru anda setiap 5 hari…

Tipsnya adalah .. coba pahami diri anda baik-baik segi kehidupan anda yang mana yang dirasa kurang, contoh ada segi MATERI , segi KESEHATAN, segi ROHANI … kepuasaan mana yang kurang bagi anda di segi-segi kehidupan tersebut, contoh kurang sehat berarti anda lebih banyak menambah habit di bidang ini, dsb… tapi jangan sampai setiap menambah 3 habit sekaligus anda tambahkan pada 1 segi kehidupan, halitu akan membuat diri anda lengah dan bosan … ๐Ÿ˜€

————————————————-

Tulisan ini ringkasan versi saya dari ceramahnya om Putu Yudianyatara pada saat webinar yang berjudul habitdesign

————————————————–

Iklan
Cara Mudah Merubah Diri Anda 180 Derajat

12 pemikiran pada “Cara Mudah Merubah Diri Anda 180 Derajat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s