Hidup Begitu-begitu Aja

Pernahkah terlintas dalam benak Anda, hidup Cuma begini-begini saja ? melakukan rutinitas yang diulang-ulang. Ketika jaman sekolah hidup mengulang-ulang rutinitas sekolah dan bermain, begitu pula ketika di kuliah. Kampus – organisasi (kalau ikutan) – Ngopi – kosan, begitu diulang-ulang hingga Anda mencapai titik kebosanan. Ketika sudah bekerja maupun berkeluarga tidak di pungkiri Anda akan mengalami proses kegiatan berulang-ulang pula. Entah anda memiliki kegiatan yang lain daripada orang lain jika anda melakukannya secara rutin anda akan mencapai titik kebosanan jua.

Tidak bisa dipungkiri bahwa manusia tidak luput dari yang namanya kebosanan. Dan lebih parah lagi kebosanan berbanding lurus dengan ke-tidak bahagia-an. Oh, tentu saja anda tidak akan membaca ocehan saya tentang kebosanan yang benar-benar membosankan jika hal itu terjadi. Kita akan bersama-sama mencari solusi untuk memecahkan permasalahan tersebut. Tapi juga akan timbul satu solusi yang akan membuat masalah kebosanan baru jika kita hanya memiliki satu solusi tersebut. Tentunya Anda tidak ingin hidup Anda seperti ini kan ? sepertinya semua orang hanya melakukan rutinitasnya sambil menunggu ajal menjemput.

Bahkan untuk seseorang yang punya mimpi dan ambisi, dia hanyalah seseorang yang menunggu ajal sambil mengejar-ngejar mimpinya. Coba bayangkan jika Anda mengejar kekayaan ataupun harta, jika sudah Anda mencapainya lalu apa ? bayangkan benar-benar anda sudah mencapainya ! Anda mau beli rumah mewah ? setelah punya rumah mewah dan Anda tinggali lalu apa ? menunggu mati di rumah itu ? Membeli mobil keren ? setelah Anda punya mau apa ? keliling ke tempat-tempat keren ? setelah semua tempat Anda kunjungi lalu apa ? tujuan hidup Anda apa ? mengejar sesuatu ? setelah Anda mencapainya lalu apa lagi ? pernah Anda memikirkan hal itu ? kebanyakan jika anda masih dalam proses mengejar anda akan menghabiskan waktu Anda dalam rutinitas mengejar. Itupun kalau Anda berhasil mencapainya, Anda akan dibingungkan kembali apa yang lantas Anda lakukan. Ternyata kebhagiaan memang Cuma sebentar saja. Jika Anda memahami apa yang saya katakan mungkin Anda akan segera berpikiran untuk menikmati setiap proses pengejaran Anda, tidak usah menunggu ketika mendapatkannya. Fakta pun dapat menunjukkan beberapa bukti bahwa lama pengejaran dan kepuasaan akan hasil lebih lama waktu mengejar sesuatu itu. Apakah Anda menginginkan kehidupan yang tersiksa lebih lama hanya untuk mencicipi kebahagian yang Cuma sebentar lewat ? Ah tentu saja saya cuma sekedar ngomong, tapi tentunya anda sendiri nanti yang akan membuktikannya.

Anda tahu titik persamaanya ? iya benar. Semua hal diatas sama-sama bertujuan untuk Anda sendiri. Maukah hidup Anda hanya berarti untuk Anda sendiri ? untuk keluarga dan kenalan Anda sendiri ? ah jika saya sudah pasti menjawab terlalu membosankan hal seperti itu. Maka untuk solusi pertama adalah :

HIDUP BERMANFAAT

Cobalah untuk memikirkan hidup Anda, Anda gunakan untuk sesuatu hal yang tidak bermanfaat bagi Anda. Tapi Anda tujukan tindakan Anda tersebut dapat bermanfaat untuk orang lain, bahkan untuk orang yang tidak Anda kenal sekalipun. Bukankah akan berbeda hidup Anda jika Anda mengejar layang-layang seseorang yang putus dan kemudian Anda berikan kepada orang lain, bahkan bukan kepada pemilik aslinya. Ah sungguh asiknya membayangkan ketidakmungkinan – ketidakmungkinan yang bakal terjadi. Anda akan mengalami kehidupan yang bahkan Anda sendiri tidak pernah pikirkan. Cobalah mencari-cari apapun itu yang sekiranya tidak ada pengaruh bagi Anda namun punya pengaruh bagi orang lain. Jadi kesimpulannya cari cara agar bermanfaat bagi orang lain.

Selanjutnya, walaupun Anda melakukan hal yang bermanfaat bagi orang lain namun Anda mengulanginya terus-terusan juga menimbulkan kemonotonan hidup. Oleh karena itu solusi kedua Adalah :

JANGKA WAKTU PROYEK

Proyek-proyek untuk melakukan hal yang berbeda dalam hidup Anda sebaiknya memiliki jangka waktu tertentu, seminggu, sebulan ataupun setahun. Entah itu proyek kegiatan bersenang-senang Anda sendiri ataupun proyek untuk bermanfaat bagi orang lain. Atau bahkan proyek-proyek pengejaran hidup Anda. Anda tentukan satu proyek dengan jangka waktu yang Anda tentukan. Jangan pikirkan dahulu proyek selanjutnya. Lakukan dengan kenikmatan yang sangat dari proyek ini, sambil lalu berjalan biarlah sebuah inspirasi datang di akhir proyek tentang apa proyek yang akan Anda lakukan setelah ini.

Namun begitu pula, lama-kelamaan kegiatan Anda akan terseragamkan oleh apa yang ada dalam benak pengatahuan Anda, apa yang Anda pikirkan semua akan habis keluar bersamaan dengan setiap proyek kegiatan Anda. Untuk itu solusi ketiga akan mengatasi hal tersebut, yaitu :

PELAJARI HAL BARU

Gunakan setiap kesempatan yang ada untuk menemukan hal-hal baru di luar bidang Anda, di luar kesukaan Anda, bahkan di luar diri Anda yang sesungguhnya. Pelajari apa yang dipikirkan oleh seseorang yang bahkan bukan tipe orang sejenis Anda. Pelajari pengetahuan baru, skill baru, kebiasaan baru, hobi baru sampai hal teraneh pun tidaklah tabu untuk Anda ketahui. Tapi tenang dan jangan terburu-buru, jika anda memasuki dunia baru gunakan waktu Anda untuk mendalaminya. Yah meskipun tidak sekelas expert, setidaknya Anda sudah keluar di zona pemula dari bidang tersebut.

Hal-hal baru yang anda ketahui atau Anda latih tersebutlah yang akan membuat ketidakseragaman dari proyek Anda, sehingga Anda pun akan terbebas dari kehidupan yang sudah Anda ketahui menjadi sebuah petualangan layaknya di hutan rimba nan misterius. Setidaknya hal itu akan membuat andrenalin Anda terus berlari bersama kuda pacu dalam kehidupan. Entah Anda akan menemui ajal di tengah perburuan peta petualangan baru Anda ataupun di tempat Anda akan memulai petualangan baru, setidaknya Anda tidak hidup dalam kebosanan. Bukankah tidak ada yang lebih membahagiakan selain hal tersebut ??

Iklan
Hidup Begitu-begitu Aja

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s